Senin, 07 September 2015

Strategi Bisnis Starbuck Coffee



Dalam berwirausaha tentu haruslah memiliki strategi bagaimana wirausaha tersebut dapat terus berkembang dan tidak mudah dilupakan orang begitu saja. Baik itu untuk para pemula ataupun yang sudah lama berkecimpung dalam dunia bisnis, pastilah memiliki kiat-kiat agar usahanya terus berkembang. 

"Starbuck Coffee" siapa yang tak kenal dengan brand yang satu ini???. "Starbuck Coffee" merupakan salah satu gerai kopi terbesar di dunia, telah suskses menjalankan strategi bisnisnya. Sejak berdiri pada tahun 1971 di Seattle, Washington, Amerika Serikat  kini "Starbuck Coffee" telah membuka 21.000 outlet  di 65 Negara di seluruh dunia termasuk Indonesia. Hal - hal apa saja sih yang membuat brand yang satu ini mendunia dan juga menjadi sebuah fenomena gaya hidup masyarakat?.

Berikut merupakan strategi bisnis "Starbuck Coffee" :


   1. Memiliki Misi yang Jelas
Dalam berwirausaha misi merupakan hal yang sangat penting. "Starbuck Coffee"  bersungguh-sungguh dalam menjalankan misi tersebut yakni “ Memberikan inspirasi dan menumbuhkan semangat manusia,  untuk satu orang, satu cangkir dan satu lingkungan pada suatu waktu”.

Starbuck selalu ingin menjadi tempat terbaik bagi para pelanggannya, menjadi tempat untuk beristirahat, tempat untuk berkumpul bersama teman ataupun tempat untuk berbincang tentang bisnis bersama para kolega.  Tetapkanlah misi-misi anda dengan jelas karena bukan hal yang tidak mungkin bila usaha anda menjadi sebesar Starbuck!!!.

   2. Selalu Bertanya Kepada Pelanggan
Teknik yang sangat sederhana dan sangat efektif adalah berkomunikasi langsung dengan pelanggan anda. Saat anda berkunjung ke Starbuck, mereka akan bertanya “Apa yang anda cari?”,  tidak seperti gerai lainnya yang langsung menyodorkan menu kepada anda.

Ketika kita tahu apa kebutuhan pelanggan, kita akan membantu pelanggan tersebut menentukan pilihannya. Dengan begitu pelanggan akan puas dengan pelayanan kita dan point plusnya kita secara tidak langsung dapat mengetahui apa yang dibutuhkan pelanggan dalam suatu tempat atau daerah tertentu.

   3. Mengenal dengan Baik Pelanggan maupun Karyawan
Starbuck berusaha dengan keras untuk mengingat setiap pelanggan mereka yang datang, dengan mengingat nama pelanggan dan minuman kesukaan pelanggan. Hal ini membuat pelanggan merasa nyaman karena memberikan pelanggan kesan yang baik. Hubungan dengan sesama karyawan juga dijaga dengan baik oleh Starbuck, karena menurut mereka pelanggan dan karyawan merupakan aset berharga yang harus di jaga dengan baik.

   4.Terus Berinovasi
Untuk menjaga bisnis tetap berjalan seiring berkembangnya zaman, Starbuck terus melakuikan inovasi. Sejak tahun 2010, Starbuck memberikan akses wifi gratis di setiap outletnya. Hal ini dilakukan karena Starbuck sadar betul bahwa para pelanggannya menghabiskan banyak waktu untuk berselancar di dunia maya sembari minum kopi di Starbuck. Starbuck juga merupakan brand yang pertama kali menggunakan aplikasi Iphone untuk pembayaran produk offline.

   5.Melatih untuk Bertanggungjawab
Bila anda datang ke Starbuck dan karyawan melakukan sebuah kesalahan, maka dengan sigap dan professional karyawan tersebut akan bertanggungjawab atas kesalahan yang telah diperbuat dan tentu meminta maaf kepada pelanggan. Karyawan di Starbuck telah dilatih secara professional untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pelanggan.

   6.Detail dan Memikirkan Setiap Hal - Hal Kecil
Moto Starbuck  adalah “Mewah dan Terjangkau”. Starbuck tetap memegang motonya ini bahkan sampai pada hal – hal kecil seperti tidak mengganti kertas tissue toilet menjadi lebih tipis. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga citra Starbuck dan demi kenyamanan para pelanggan. Starbuck tidak ingin menurunkan standart pelayanan mereka meskipun kini Starbuck telah berdiri dalam skala yang besar di seluruh dunia.

   7.Menggunakan Media Sosial
Media sosial memberikan dampak yang besar dalam perkembangan bisnis. Dan Starbuck dapat menangkap peluang tersebut dengan mempromosikan produk mereka ke jejaring sosial seperti : Instagram, Facebook, Twitter, dan media lainnya.

   8.Memiliki Pemimpin Tangguh
Howard Schutlz merupakan sosok CEO tangguh yang dimiliki Starbuck. Peran pemimpin dalam Suatu perusahaan yang dapat menggerakkan para karyawannya dengan baik dapat mempengaruhi pertumbuhan suatu usaha.

   9.Konsisten
Selama bertahun - tahun Starbuck telah berhasil secara konsisten memberikan kualitas terbaik, produk dan pelayanan yang baik dan nyaman untuk pelanggan. Sehingga para pelanggan tetap setia bahkan terus datang kembali karena merasa nyaman dengan segala konsistensi yang dimiliki Starbuck.


Hal - hal tersebut merupakan hal yang terlihat sederhana dan sepele, namun bila diterapkan ke dalam strategi berbisnis anda bukan tidak mungkin usaha anda akan sebesar Starbuck nantinya. Untuk itu utamakanlah kualitas dan pelayanan dan juga karyawan anda tentunya. Karena tanpa ketiga hal tersebut usaha anda tidak dapat berkembang dengan maksimal seiring dengan perkembangan zaman. 


Sumber :

  • http://mediabisnisonline.com/12-pelajaran-bisnis-dari-howard-schultz-ceo-starbucks/
  • https://www.maxmanroe.com/9-pelajaran-bisnis-berharga-dari-starbucks-coffe.html
  • http://rwpbsd.com/motivasi/belajar-strategi-bisnis-dari-starbucks-coffee/




Tidak ada komentar:

Posting Komentar